11 Macam Orang Yang Didoakan Malaikat ~ All About Tutorial
All About Tutorial

Search On Google

Monday, February 20, 2012

11 Macam Orang Yang Didoakan Malaikat


Percaya kepada Malaikat adalah salah satu diantara rukun iman. Diantara malaikat-malaikat ciptaan Allah ada malaikat yang ditugaskan untuk mendoakan umat manusia dan sudah tentu seseorang yang didoakan oleh malaikat mendapat keistimewaan.

Alangkah bahagianya jika kita sebagai hamba yang lemah, tak luput dari salah dan dosa ini didoakan oleh malaikat. Berdasarkan hadist qudsi ada sebelas macam orang yang didoakan oleh malaikat, diantaranya:

1. Orang yang tidur dalam keadaan bersuci, Rasulullah s.a.w bersabda :
"Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa: "Ya Allah, ampunilah hamba-Mu si fulan kerana tidur dalam keadaan suci."


2. Orang yang sedang duduk menunggu waktu sholat, Rasulullah s.a.w bersabda :
"Tidaklah salah seorang antara kalian yang duduk menunggu sholat, selama ia berada dalam keadaan suci, kecuali para malaikat akan mendoakannya: 'Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah sayangilah ia.'"

3. Orang yang berada di shaf depan sholat berjama'ah, Rasulullah s.a.w bersabda :
"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat ke atas (orang) yang berada pada shaf depan."


4. Orang yang menyambung shaf pada sholat berjama'ah, Rasulullah s.a.w bersabda :
"Sesungguhnya Allah dan para malaikat selalu bersholawat kepada orang yang menyambung shaf."


5. Para malaikat mengucapkan 'amin' ketika seorang imam selesai membaca Al-Fatihah, Rasulullah s.a.w bersabda :
"Jika seorang imam membaca (ayat terakhir al-Fatihah hingga selesai), ucapkanlah oleh kamu 'aamiin' karena barangsiapa yang ucapannya itu bertepatan dengan ucapan malaikat, dia akan diampuni dosanya yang lalu."

6. Orang yang duduk di tempat sholatnya selepas melakukan sholat, Rasulullah s.a.w bersabda :
"Para malaikat akan selalu bersholawat kepada satu antara kalian selama ia ada di dalam tempat sholat, di mana ia melakukan sholat."

7. Orang yang melakukan sholat Subuh dan Ashar secara berjama'ah, Rasulullah s.a.w bersabda :
"Para malaikat berkumpul pada saat sholat Subuh lalu malaikat (yang menyertai hamba) pada malam hari (yang sudah bertugas malam hari hingga Subuh) naik (ke langit) dan malaikat pada siang hari tetap tinggal. "Kemudian mereka berkumpul lagi pada waktu sholat Ashar dan malaikat yang ditugaskan pada siang hari (hingga sholat Ashar) naik (ke langit) sedangkan malaikat yang bertugas pada malam hari tetap tinggal lalu Allah bertanya kepada mereka: "Bagaimana kalian meninggalkan hamba-Ku?" Mereka menjawab: 'Kami datang sedangkan mereka sedang melakukan sholat dan kami tinggalkan mereka sedangkan mereka sedang melakukan sholat, ampunilah mereka pada hari kiamat.'"


8. Orang yang mendoakan saudaranya tanpa pengetahuan orang yang didoakan, Rasulullah s.a.w bersabda :
"Doa seorang Muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang didoakannya adalah doa yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada seorang malaikat yang menjadi wakil baginya, setiap kali dia berdoa untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, malaikat itu berkata 'aamiin' dan engkau pun mendapatkan apa yang ia dapatkan.'"

9. Orang yang membelanjakan harta (infak), Rasulullah s.a.w bersabda :
"Tidak satu hari pun di mana pagi harinya seorang hamba ada padanya kecuali dua malaikat turun kepadanya, satu antara kedua-duanya berkata: ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak…’"

10. Orang yang sedang makan sahur, Rasulullah s.a.w bersabda :
"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat kepada orang yang sedang makan sahur."


11. Orang yang sedang menjenguk orang sakit, Rasulullah s.a.w bersabda :
"Tidaklah seorang mukmin menjenguk saudaranya kecuali Allah akan mengutus 70,000 malaikat untuknya yang akan bersholawat kepadanya di waktu siang hingga petang dan di waktu malam hingga Subuh."


Demikianlah semoga tulisan saya kali ini berguna bagi kita semua untuk mempertebal iman kita dan semoga kita termasuk diantara orang-orang yang selalu didoakan oleh malaikat Allah,amiin....
Share:

0 comments:

Post a Comment

Ads Here

Blog Archive


Ads Here