Wisata Candi ~ All About Tutorial
All About Tutorial

Search On Google

Tuesday, February 21, 2012

Wisata Candi

Di Indonesia banyak peninggalan sejarah berupa candi, nah berikut ini saya akan share beberapa lokasi candi yang sangat menarik untuk dijadikan tujuan wisata anda, diantaranya :


Borobudur merupakan candi terbesar di Indonesia. Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, selain menjadi obyek wisata yang ramai dikunjungi, juga menjadi pusat ibadat bagi penganut Buddha di Indonesia khususnya pada setiap perayaan Waisak. Hal ini sesuai dengan arti namanya yaitu "biara di perbukitan". Saat ini Borobudur ditetapkan sebagai salah satu Warisan Dunia UNESCO.


Candi Prambanan adalah bangunan luar biasa cantik yang dibangun di abad ke-10 pada masa pemerintahan dua raja, Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Menjulang setinggi 47 meter (5 meter lebih tinggi dari Candi Borobudur), berdirinya candi ini telah memenuhi keinginan pembuatnya, menunjukkan kejayaan Hindu di tanah Jawa. Candi ini terletak 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, di tengah area yang kini dibangun taman indah.


Candi Mendut terletak 3 km ke arah timur dari Candi Borobudur, merupakan candi Budha yang dibangun tahun 824 Masehi oleh Raja Indera dari wangsa Syailendra. Di dalam Candi Mendut terdapat 3 (tiga) patung besar.

1. Cakyamuni yang sedang duduk bersila dengan posisi tangan memutar roda dharma.
2. Awalokiteswara sebagai Bodhi Satwa membantu umat manusia
Awalokiteswara merupakan patung amitabha yang berada di atas mahkotanya, Vajrapani. Ia sedang memegang bunga teratai merah yang diletakkan di atas telapak tangan.
3. Maitreya sebagai penyelamat manusia di masa depan


Istana Ratu Boko adalah sebuah bangunan megah yang dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, salah satu keturunan Wangsa Syailendra. Istana yang awalnya bernama Abhayagiri Vihara (berarti biara di bukit yang penuh kedamaian) ini didirikan untuk tempat menyepi dan memfokuskan diri pada kehidupan spiritual. Berada di istana ini, anda bisa merasakan kedamaian sekaligus melihat pemandangan kota Yogyakarta dan Candi Prambanan dengan latar Gunung Merapi


Candi Tikus, disebut demikian karena pada waktu ditemukan konon candi ini tempat bersarangnya tikus yang memangsa petani.. weww.. mengerikan!!. Candi ini secara arsitektur merupakan replika dari Mahameru, dimana gunung tersebut adalah tempat para dewa bersemayam. Mahameru sendiri merupakan sumber air kehidupam/Tirta Amerta. Secara mitos, air yang mengalir di Candi Tikus dianggap bersumber dari Gunung Mahameru dan merupakan sumber kehidupan.
Candi Tikus berada di Desa Temon, Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Areanya luas sekali, taman-taman di tata begitu rapi, indah dan bersih


Candi Brahu, terdapat di Desa Bejijong, Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Candi ini merupakan tempat untuk menyimpan abu raja-raja Mojopahit, Brawijaya I, II, III, IV. Setelah dibakar, abunya disimpan di gua candi ini. Candi dibangun dari bata yang direkatkan satu sama lain dengan sistem gosok.


Candi Bajang Ratu, terletak di dusun Kraton desa Temon dekat dengan candi Tikus. Pada kaki candi ada beberapa relief yang menggambarkan tentang cerita Sri Tanjung, sebagian lagi menceritakan tentang Ramayana.


Candi Wringin lawang terletak di Dukuh Wringinlawang, Desa Jati Pasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, tepatnya 11 km dari Mojokerto ke arah Jombang. Konon dahulu di dekat candi terdapat pohon beringin yang besar sehingga candi ini dinamakan Candi Wringinlawang (dalam bahasa Jawa, wringin berarti beringin, lawang berarti pintu).


Candi Jago terletak di Dusun Jago, Desa Tumpang, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, tepatnya 22 km ke arah timur dari Kota Malang. Karena letaknya di Desa Tumpang, candi ini sering juga disebut Candi Tumpang. Penduduk setempat menyebutnya Cungkup.


Candi Pawon terletak 1,5 km ke arah barat dari Candi Mendut dan ke arah timur dari Candi Borobudur, juga merupakan sebuah candi Budha. Saat diteliti secara lengkap pada reliefnya, ternyata merupakan permulaan relief Candi Borobudur.
Share:

Ads Here

Blog Archive


Ads Here