Memanipulasi Foto Dengan Efek Cahaya dan Object Absrak 3D ~ All About Tutorial
All About Tutorial

Search On Google

Monday, January 30, 2012

Memanipulasi Foto Dengan Efek Cahaya dan Object Absrak 3D

Tutorial photoshop ini aku share buat anda yang ingin belajar photoshop.
Dan topik kali ini tentang bagaimana cara memanipulasi foto dengan menambahkan efek cahaya dan objek 3D, kita akan bereksperimen dengan blending mode layer, menggabungkan stock abstrak 3 dimensi, dan melakukan proses transformasi. Saya juga akan memperlihatkan teknik seleksi mengkombinasikan tool pen dan Channel Alpha.

Siapkan dulu materi yang dibutuhkan, antara lain :
1. modelnya
2. Gambar 3D abstrak render vol 1
3. Gambar 3D abstrak render vol 2
4. Tekstur beton
5. Set nebula
6. Set object abstrak 3D
7. Bola emas

Nah kalo dah siap semua mari kita tidur
Eh...kita manipulasi gambarnya maksudnya ^_^

Langkah Ke 1 Adalah Menyeleksi Modelnya
Kita pisahkan model dari latarnya, saya lakukan proses ini menggunakan pen tool dengan membuat path baru mengelilingi bagian luar model yang akan kita ambil. Bagian badan model sangat mudah diambil menggunakan metode ini, namun helai rambutnya akan sulit. Lupakan dulu bagian itu, kita akan mengurusnya nanti.



Langkah Ke 2
Kita buat path tambahan untuk melubangi model. Di baris pilihan, pilih mode Subtract.



Langkah Ke 3
Tekan Ctrl + Enter untuk mengubah path menjadi seleksi. Di panel Layers klik ganda background untuk mengubahnya menjadi seleksi kemudian tekan Ctrl + Shift + J untuk memindahkan model ke layer baru.



Langkah Ke 4 adalah Menyeleksi Rambut
Ambil layer yang masih menyisakan rambut si model lalu hapus bagian yang tidak dibutuhkan.



Langkah Ke 5
Amati setiap channel, cari channel dengan kontras rambut dan latar paling tinggi. Dalam tutorial ini ternyata Channel Red yang jadi pilihannya. Duplikasi channel Red dengan menggesernya ke atas ikon New Alpha Channel.



Langkah Ke 6
Tekan Ctrl + I untuk membalik warna channel, lalu gunakan dodge tool dan burn untuk meningkatkan kontras Channel.



Langkah Ke 7
Untuk area yang tidak dibutuhkan seperti sisi luar tangan bisa langsung dibuang dengan cara melukisnya dengan hitam.



Langkah Ke 8
Tahan Ctrl lalu klik Channel Red Copy untuk mengubahnya ke seleksi kemudian aktifkan lagi channel RGB, lalu tekan Ctrl + J untuk memindahkan rambut ke layer baru. Seleksi layer rambut dan si model lalu tekan Ctrl + E untuk menggabungkan keduanya.






Langkah Ke 9
Buat layer baru dan simpan di atas model. Ubah layer menjadi Clipping Mask dengan menekan Ctrl + Alt + G. Lukis hitam di bagian-bagian yang kuning karena pengaruh dari latar yang lama.



Langkah Ke 10 adalah Proses Dodge dan Burn
Tekan Alt+klik ikon New Layer. Aktifkan Use Previous Layer to Create Clipping Mask. Pilih Blend mode: Overlay dan aktifkan Fill with Overlay-neutral color.



Langkah Ke 11
Lukislah dengan tool burn untuk menggelapkan dan tool dodge untuk menerangkan. Lakukan terus proses ini hingga kontras gambar meningkat. Di bawah Anda bisa melihat perbandingan sebelum dan setelah proses dodge dan burn.



Di bawah adalah layer yang dihasilkan. Area terang akan menerangkan gambar di bawahnya, begitu juga untuk area gelap. Area abu-abu (50% Grey) tidak akan mempengaruhi gambar.



Langkah Ke 12 Adalah Mempersiapkan Latar
Buat file baru dan isi latar dengan warna abu-abu. Ambil tekstur beton. Lakukan transformasi Ctrl + T, Ctrl + Shift + Alt-drag pojok bawah untuk menghasilkan perspektif lantai.



Langkah Ke 13
Kita tambahkan lagi tekstur beton untuk dinding.



Langkah Ke 14 Adalah Menambahkan Model
Ambil model dan simpan di tengah-tengah kanvas. Beri Layer Style Outer Glow dengan warna ungu.





Model akan memiliki sedikit kilauan ungu di sekelilingnya.



Langkah Ke 15
Naikkan kontras model dengan memberikan Adjustment Layer Brightness/Contrast. Tekan Ctrl + Alt + G untuk mengubah adjustment layer ke Clipping Mask agar hanya model yang terpengaruh.



Langkah Ke 16
Berikan Adjustment Layer Hue/Saturation dengan setting seperti di bawah untuk mengubah warna baju ke ungu. Lukis bagian yang lain agar warnanya tidak ikut berubah.



Inilah perbandingan sebelum dan setelah pemberian adjustment layer.



Langkah Ke 17
Perhatikan bahwa ada sebagian warna kuning di rambut model. Buat layer baru di atas model lalu ubah ke Clipping Mask (Ctrl + Alt + G). Lukis hitam pada rambut untuk menghilangkannya.



Langkah Ke 18 Adalah Menambahkan Bayangan Pada Model
Buat layer baru di atas latar. Lukis bayangan besar di bawah model dengan brush hitam beropacity rendah.



Langkah Ke 19
Zoom lebih dekat pada kaki model. Lukis bayangan lebih tegas tepat di bawah kaki model.





Langkah Ke 20 Adalah Menambahkan Efek Cahaya dan Object 3D
Kita sembunyikan model terlebih dahulu. Lalu ambil gambar di bawah dari set objek abstrak 3D. Karena latarnya hitam, kita dapat dengan mudah menghilangkannya dengan mengubah blend mode layer ke Screen.



Langkah Ke 21
Munculkan model kembali.



Langkah Ke 22
Ambil objek abstrak dan bola 3D dari set abstrak 3D. Kemudian simpan di belakang model.



Langkah Ke 23
Tambahkan beberapa objek yang sama di belakang model.



Langkah Ke 24
Aktifkan tool gradient dengan gradasi radial dari putih ke transparan. Beri Color Overlay warna ungu.





Langkah Ke 25
Ambil gambar nebula dan simpan di belakang model.



Langkah Ke 26

Ubah blend mode layer nebula ke Screen. Hapus bagian yang tidak diperlukan sehingga diperoleh hasil seperti di bawah.



Langkah Ke 27
Tekan Ctrl + T untuk melakukan transformasi. Klik kanan dan pilih Warp. Geser kotak warp hingga diperoleh bentuk kilauan cahaya yang unik.





Langkah Ke 28
Ambil gambar nebula yang lain. Lalu simpan di belakang model.



Langkah Ke 29
Ubah blend mode layer ke Screen, hapus bagian yang tidak diperlukan.



Langkah Ke 30
Ambil render objek abstrak 3 dimensi. Lakukan proses transformasi Warp.



Langkah Ke 31
Ubah blend mode layer ke Screen.



Langkah Ke 32
Ulangi proses yang sama dengan gambar abstrak lain.



Langkah Ke 33
Ubah warnanya menggunakan perintah image > Adjustments > Hue/Saturation agar sesuai dengan tema warna saat ini.



Langkah Ke 34
Klik Filter > Blur > Gaussian Blur untuk menghaluskan cahaya yang diperoleh.



Langkah Ke 35
Ubah blend mode layer ke Screen.



Langkah Ke 36
Ulangi proses yang sama untuk memperoleh lebih banyak efek cahaya.



Langkah Ke 37
Ambil objek abstrak 3 dimensi. Simpan di depan kaki. Hapus sebagian objek agar memberi kesan mengelilingi kaki.



Langkah Ke 38
Ubah warnanya dengan memberi Adjustment Layer Color Balance agar sesuai dengan tema warna gambar. Klik ikon Clipping Mask agar adjustment layer ini hanya mempengaruhi objek abstrak saja.



Langkah Ke 39
Buat layer baru di bawah objek abstrak. Gambar bayangan objek pada kaki. Bayangan ini akan memperkuat kesan realistis pada objek 3D.



Langkah Ke 40
Ulangi proses yang sama untuk menambahkan objek abstrak 3 dimensi lagi pada tubuh model. Hapus sebagian objek agar terkesan mengelilingi model.



Langkah Ke 41
Gambar bayangan tangan pada objek abstrak dan bayangan objek abstrak di tubuh model.



Langkah Ke 42
Untuk memberi kedalaman, ambil objek abstrak 3 dimensi dengan ukuran cukup besar dan buramkan dengan memberi Gaussian Blur (Filter > Blur > Gaussian Blur).



Langkah Ke 43
Ambil gambar bola emas. Seleksi bola emas dengan tool marquee ellipse.



Langkah Ke 44
Simpan bola ke dalam kanvas. Ubah warnanya menjadi ungu, sesuai tema warna saat ini.



Langkah Ke 45
Gandakan bola dan beri Gaussian Blur untuk memberi kesan kilauan pada bola. Simpan kilauan di bawah aslinya.



Langkah Ke 46
Buat layer lalu gambar beberapa garis putih. Tekan Ctrl + Alt + G untuk memasukkan garis ke dalam bola.



Langkah Ke 47
Simpan bola di belakang model.



Langkah Ke 48
Gandakan bola dan simpan di berbagai posisi lain. Ubah ukurannya agar bervariasi.



Langkah Ke 49
Tambahkan juga bola pada lantai. Gambar bayangan bola di lantai agar terlihat realistis.



Langkah Ke 50
Saya ambil juga objek abstrak 3 dimensi dari WeGraphics. Simpan di atas kaki model. Hapus sebagian agar terlihat menempel pada model.



Langkah Ke 51
Lukis bayangan objek pada kaki agar terlihat realistis.



Langkah Ke 52
Menggunakan cara seperti yang telah dijelaskan di Langkah 25, buat beberapa efek cahaya di depan model.



Langkah Ke 53
Saya tambahkan satu lagi objek abstrak 3 dimensi dan efek cahaya di tangan model.



Langkah Ke 54
Ambil objek abstrak 3 dimensi dan simpan di ujung cahaya. Hapus sebagian dengan tool eraser beropacity rendah sehingga cahaya terlihat masuk ke dalam objek. Gambar bayangan objek di lantai.



Langkah Ke 55
Saya tambahkan lagi objek 3D dari WeGraphics dan menyimpannya di punggung model.



Langkah Ke 56
Sesuaikan warna objek dengan tema warna gambar. Beri Adjustment Layer Color Balance dengan setting berikut.



Langkah Ke 57
Gandakan objek 3D lalu putar sedikit. Lukis bayangan pada objek abstrak kedua untuk memberi kedalaman terhadap objek abstrak pertama.



Langkah Ke 58
Ambil objek abstrak berlatar hitam dari set abstrak 3D. Hilangkan warnanya dengan klik Image > Adjustments > Desaturate. Hapus gambar yang menutupi model. Ubah blend mode layer ke Screen.



Langkah Ke 59
Pastikan warna depan putih. Aktifkan tool brush dengan mengaktifkan setting Scattering. Buat garis cahaya di sekitar model.



Langkah Ke 60
Ambil gambar abstrak berlatar hitam dari set objek abstrak 3 dimensi dan ubah blend mode layer ke Screen.



Langkah Ke 61
Buat layer baru dan simpan di paling atas. Lukis merah dengan brush berukuran besar dan hardness: 0%. Ubah blend mode layer ke Soft LIght dengan Opacity: 25%.



Langkah Ke 62
Buat lagi layer baru dan lukis biru. Ubah blend mode layer ke Color Dodge dengan Opacity: 70%.



Langkah Ke 63
Lukis garis ungu dan ubah blend mode layer ke Color Dodge dengan Opacity: 36%.



Langkah Ke 64
Akhirnya, ambil tool crop dan potong gambar untuk memperoleh komposisi yang menarik. Di bawah adalah hasil akhir dari tutorial ini.



Dan selesai sudah tutorial kali ini.....Capek masbrooo ^_^
Share:

0 comments:

Post a Comment

Ads Here

Blog Archive


Ads Here