Mengatasi HTTP Error 503. The Service is Unavailable ~ All About Tutorial
All About Tutorial

Search On Google

Thursday, April 11, 2019

Mengatasi HTTP Error 503. The Service is Unavailable

Cara Mengatasi HTTP Error 503. The Service is Unavailable




Ada teman hubungi saya minta tolong settingin webnya, sekalian saja saya otak atik lagi web saya yang jadul ini, tapi alangkah terkejutnya saya melihat web saya tidak bisa diakses. Tiap kali saya refresh selalu muncul pesan HTTP Error 503: The service is unavailable, apa ini ???

Pikiran macam - macampun bermunculan di otak saya, dan nyaris saja saya komplen ke pihak hosting saya, tapi kupikir lagi coba saya betulin sendiri sekalian belajar. Mulai lah saya konsultasi ke orang pinter yaitu Mbah Google, saya tanya error apa itu dan apa penyebabnya.

Penyebab dari HTTP Error 503: The service is unavailable adalah suatu kesalahan yang berada di pihak server, ini berarti bahwa masalahnya biasanya berhubungan dengan server web tersebut. Ada kemungkinan juga karena server terlalu sibuk atau karena ada maintenance yang sedang dilakukan di web tersebut.

Setelah tahu itu error apa dan apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi mulai lah saya mencari penyebabnya. Hampir sejam saya mencari tapi ga ketemu dimana letak kesalahannya dan saya pun nyaris putus asa dan komplen ke pihak hosting saya sampai akhirnya saya teringat kalau domain saya ini saya link kan ke Cloudflare. Mulai lah saya cek disana dan akhirnya ketemu juga penyebabnya, ternyata under attact mode nya kemarin saya aktifin ^_^

Setelah under attact mode ini saya matikan web jadul ini pun kembali normal kembali ^_^

Dan jika anda juga mengalami hal yang sama tetapi situs anda tidak link ke Cloudflare coba ikuti beberapa tips berikut ini yang saya peroleh dari simbah google.

  • Silahkan anda refresh atau akses ulang alamat situs anda karena kesalahan seperti ini mungkin sifatnya hanya sementara.
  • Silahkan restart komputer/perangkat yang anda gunakan, restart juga router dan modem anda, terutama jika anda melihat error seperti "service Unavailable - DNS Failure", karena terkadang mungkin bisa juga ada masalah dengan konfigurasi dns server pada router atau komputer anda.
  • Ada kemungkinan terjadi pelonjakan trafik pada situs anda/situs yang anda kunjungi, mungkin setelah semakin banyak pengunjung yang meninggalkan situs tersebut beban server sudah menurun sehingga kesuksesan anda mengakses ulang meningkat
  • solusi terakhir adalah dengan menghubungi admin yang menyediakan hosting/domain anda dan meminta bantuan untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Demikianlah solusi untuk mengatasi permasalahan ini semoga bermanfaat
Share:

0 comments:

Post a Comment

Ads Here

Blog Archive


Ads Here